RAGAM KHAS BUDAYA, MAKANAN , DAN CIRI KHAS KOTA SAMARINDA :D

Logo Kota Samarinda

Kota samarinda  adalah salah satu kota sekaligus merupakan ibu kota provinsi Kalimantan TimurIndonesia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi “gerbang” menuju pedalaman Kalimantan Timur. Kota ini memiliki luas wilayah 718 kilometer persegi[3] dan berpenduduk 726.223 jiwa (hasilSensus Penduduk Indonesia 2010), menjadikan kota ini berpenduduk terbesar di seluruh Kalimantan

1 . Budaya

Untuk menikmati wisata budaya, wisatawan bisa mengunjungi Desa Budaya Pampang yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Pampang akan menampilkan atraksi budayanya dari suku Dayak Kenyah pada hari minggu.

Desa Pampang terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Samarinda. Di desa ini terdapat dua suku Dayak yang ada yakni dayak Kenyah dan Apokayan. Awalnya dua suku ini yang mulanya menghuni hutan Kutai Barat dan Malinau melakukan pergerakan atau berpindah tempat diikarenakan enggan untuk bergabung dengan Malaysia. Tingginya nasionalisme suku Dayak ini membuat mereka tidak segan untuk melakukan perjalanan jauh untuk tetap berada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perjalanan tersebut akhirnya sampai di Desa Pampang dan sampai sekarang desa tersebut sudah semakin berkembang yang dihuni Dayak Kenyah dan Apokayan, bahkan pada tahun 1991 desa Pampang resmi dijadikan sebagai desa budaya di Kalimantan Timur. Di desa ini kegiatan yang dilakukan oleh suku Dayak tersebut sangatlah berkembang, mulai dari adanya kerajinan asli suku Dayak seperti gelang, cincin, dompet, kain dll, tari-tarian yang setiap minggunya digelar, ornamen-ornamen rumah asli Dayak yang khas corak dan warnanya, senjata khas Dayak seperti sumpit dan Mandau,serta nyanyian tradisional suku Dayak.

Wisatawan yang datang di desa ini tidak hanya dari dalam negeri tapi banyak turis mancanegara yang sering mengunjungi Pampang untuk melihat keunikan budayanya. Para pendatang akan disajikan sebuah desa atau perkampungan yang sangat khas bercorak Kalimantan, ketika masuk desa wisata ini wisatawan langsung bisa merasakan aura khas suku Dayak.

Pengunjung juga dapat berpoto dengan masyarakat adat Dayak yang terkenal memiliki daun telinga panjang dengan mengenakan hiasan menyerupai anting-anting . Benda-benda keseharian suku Dayak juga dapat dinikmati di desa ini seperti alat musik, senjata khas, pakaian yang terbuat dari kulit kayu serta makanan khas suku Dayak. Saat ini pemerintah daerah setempat juga mendukung dan mengembangkan desa Pampang agar nantinya banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Samarinda Kalimantan TImur. Setiap tahunnya di Desa ini juga diadakan sebuah acara rutin yang disebut dengan Pelasan, sebuah acara adat Dayak Kenyah dan Apokayan yang menjadikan desa Pampang semakin dikenal wisatawan.

Dengan keberagaman dan keunikan ditiap kebudayaan daerah Indonesia, sangat memungkinkan sekali Negara kita menjadi Negara yang kaya akan nilai sejarah, adat istiadat dan budaya yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Semoga kelestarian budaya ini terjaga dengan baik sampai generasi penerus kita kelak.

borneo

Produk budaya dari Samarinda berupa ukir-ukiran dan pernak-pernik lainnya yang bisa didapatkan di Citra Niaga. Samarinda juga mempunyai produk tekstil yang bernamaSarung Samarinda dan Batik Ampiek, batik yang bermotif ukiran Dayak.

2. Makanan khas samarinda

 a.Amplang
Amplang ini sejenis kerupuk yang berbentuk kotak atau lonjong, kebanyakan sih berbentuk lonjong pendek sebesar jari tangan, jadi pas untuk satu suapan.  mirip sama kerupuk ikan tenggiri deh. Amplang ini terbuat dari Tepung Tapioka, rempah rempah/bumbu dan ikan. Rasanya asin gurih dan tentunya kriuk kriuk renyah, bisa dimakan langsung ataupun untuk Lauk nasi.

3

b.GulaGalit
Gula Gait adalah makanan khas Samarinda yang terbuat dari Gulan Aren dan Gula putih semacam karamel dan di bentuk serupa kayu. Tapi rasanya menggoda di lidah karena manisnyanya yang sangat legit .Rasanya juga nggak terkalahkan dengan gulali loh. Yang mau coba silakan mencoba makanan khas kalimantan ini. Rasanya TOP BEDA dengan cemilan yang kita makan sehari-hari.

gula gait

c.LempokDurian
Lempok adalah dodol yang dikenal di daerah lain. Kata lempok selalu diasumsikan sebagai dodol durian, karena lempok hampir tidak dikenal dibuat dengan bahan utama lain selain durian. Jika anda berkunjung ke Samarinda, saya rasa ini adalah salah satu makanan yang harus anda beli.

lempok durian

d.Keminting

makanan khas samarinda ini adalah sejenis kue kering yang bentuknya unik dan imut seperti buah kemiri, makanya disebut Keminting.
Dibuat dari bahan dasar tepung terigu dengan tekstur yang nampak keras diluar namun renyah ketika digigit. Meskipun tidak sepopuler amplang atau lempok tapiasanya yang enak membuat kue ini banyak dicari sebagai oleh – oleh dari Samarinda.

730890_keminting

 Itulah 4 Makanan Khas yang berasal dari Samarinda, Jika anda berkunjung ke Samarinda tetapi tidak mencicipi salah satunya, mungkin rugi bagi anda yang hobby berkulinerria. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman yang sedang mencari Refrensi tentang Makanan Khas Samarinda

3. Ciri Khas samarinda

kota Samarinda, menurutmu apa yang bisa diceritakan kepada kawan-kawan terdekatmu, setelah mengunjungi kota Samarinda? Apakah kulinernya? Wisatanya? Atau keramah-tamahan masyarakatnya?

Plaza_Monumen_Pesut_Mahakam

Kota Samarinda yang memiliki motto TEPIAN (Teduh Rapi Aman dan Nyaman) tentu memiliki cerita yang tak kalah menariknya dibanding kota-kota lainnya. Samarinda memiliki kampung kuliner nasi kuning, penjual lemang di jalan Pulau Sebatik yang tak lekang oleh zaman, serta yang ingin mengunjungi kampung pertenunan sarung Samarinda yang berlokasi di Samarinda seberang, taman tepian mahakam dan memiliki ikon ikan pesut karena di zaman dulu sampai sekarang ikan pesut  masih tinggal di sungai Mahakam walaupun populasinya semakin berkurang dan itu yang patut kita selamatkan itulah yang menjadi ciri khas kota Samarinda.

 

Tempat Oleh-Oleh Samarinda

Ketika sudah berkunjung ke suatu daerah, termasuk kota Samarinda, terasa kurang apabila tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh. Ketika sudah berbicara oleh-oleh, sebagai tamu, traveller maupun wisatawan tentu kita akan bertanya-tanya kepada masyarakat asli di daerah tersebut. Dimana tempat yang rekomendasi untuk membeli oleh-oleh dengan keberagaman ciri khas daerahnya?

 6b8a14bae85f677b6316313afc0b6ba4_3

Di Samarinda memiliki satu tempat yang bagus dalam menjual beragam macam oleh-oleh dari produk kerajinan, souvenir dan makanan khas kalimantan timur pada umumnya dan Samarinda pada khususnya. Dengan permainan lampu yang tampak elegan serta keunikan etnik kerajinan yang terpajang di bagian depan toko tersebut, membuat tempat ini terkesan eksklusif.

Toko ini sering kali dikunjungi oleh artis-artis ibukota, pejabat pemerintahan, serta kawan-kawan komunitas lokal. Dengan begitu, namanya begitu dikenal di Samarinda, terlebih di ranah media sosial.

 nama toko yang kami ceritakan diatas adalah @eastkalimantan. Toko yang beralamat di jalan Antasari (samping dealer SUZUKI mobil) ini, selalu membuat daya tarik orang-orang dalam dan luar Samarinda. Pasalnya itu tadi, meski tempatnya terkesan ekslusif dan sejumlah orang sudah berandai-andai kalau belanja disana harganya pasti mahal.

9c2282f2dceef1a04a8fdcac6c7fe21f_1

Menurut kami, ada klasifikasi barang tertentu barang tersebut dikatakan mahal. Seperti kerajinan tas rotan, tas anjat yang juga terbuat dari rotan. Karena proses produksinya yang memakan waktu dalam beberapa hari dan menemukan kesulitan tingkat tinggi bagi orang yang tak mengerti cara membuatnya. Butuh keterampilan baik ketelitian untuk bisa menghasilkan satu kerajinan yang tampak indah saat digunakan.

Masalah harga itu adalah persepsi. Tapi menurut kami seluruh harga di toko@eastkalimantan ini tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu murah. Bisa dikatakan berada di jalur tengah. Dan @eastkalimantan tidak pernah menyasar ke konsumen dari tingkat golongan kebawah, menengah dan keatas. Semuanya di sama ratakan, tujuannya untuk tidak menimbulkan kesan-kesan negatif atau perasaan tidak nyaman saat konsumen ingin mampir untuk membeli oleh-oleh khas Kalimantan Timur.

5483273f48ec9b4459f2d0ea2b4d5913_ee

Selain menjual kerajinan, souvenir dan makanan, di @eastkalimantan juga menjual kaos-kaos distro etnik kalimantan timur dan kaos celotehan. Mulai dari ukuran anak-anak sampai dewasa, ada disana. Dijual dari harga Rp 55.000 – Rp 65.000 (ukuran anak-anak) dan Rp 70.000 – Rp 125.000 untuk (ukuran dewasa).

Ketika berkunjung ke kota orang, oleh-oleh memang bukan menjadi perioritas utama bagi sebagian orang. Tetapi oleh-oleh akan menjadi hal yang paling utama, jika kita ingin mengenang kembali sisi kearifan lokal kota tersebut. Lewat produk kerajinan, souvenir, makanan dan kaos, tentu sedikit akan memberikan kesan dan pesan dari si pemberi ke penerima oleh-oleh.

6a630ecc59ce2b45170ed770928aa367_2

Itulah sedikit penjelasan dari saya tentang kota kelahiran saya yaitu Samarinda dan juga kalau teman-teman sekalian berkunjung ke Samarinda tidak bingung lagi mencari tempat oleh-oleh yang bagus dan terjangkau 😀

 

Leave a comment